Rabu, 02 September 2015

Organisasi & Arsitektur Komputer



Apasih yang kalian ketahui tentang Organisasi & Arsitektur Komputer?

Kita bahas disini satu-satu yaa..

   I.      Organisasi


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli :
1.   Menurut Chester I.Barnard
Chester I.Barnard mengemukakan dalam buku beliau  yang berjudul The Function Of The Executive,organisasi adalah suatu sistem mengenai usaha usaha kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

2.  Menurut James D.Mooney
Dalam buku beliau yang berjudul The Principles of Organization.Organisasi adalah segala bentuk persatuan/perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3.  Menurut Sir Stoner
Organisasi adalah sebuah pola yang menghubungkan orang orang di bawah arahan pimpinan (manager) untuk mencapai atau mengejar tujuan bersama.

4.  Menurut Stephen P. Robbins
Stephen P.Robbins mengemukakan bahwa Organisasi ialah kesatuan aspek sosial yang terkordinasi secara sadar, dengan satu batasan  yang cukup relatif dan bisa diidentifikasi, yang bekerja secara relatif dan terus menerus untuk mencapai tujuan kelompok atau tujuan bersama.

  II.      Arsitektur


Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli :
1.   Menurut Robert Gutman (1976)
Arsitektur sesungguhnya merupakan kulit ketiga manusia. Arsitektur merupakan lingkungan buatan yang bukan saja menjembatani antara manusia dengan lingkungan melainkan sekaligus merupakan wahana ekspresi kultural untuk menata kehidupan jasmaniah,psikologis dan sosial manusia.

2.  Menurut Claudil (1979)
Arsitektur adalah sesuatu yang bersifat personal, menyenangkan dan memerlukan pengalaman. Arsitektur adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk. Ada tiga pengalaman arsitektur: aspek fisikal, emosional dan kebutuhan intelektual.


3.  Menurut Amos Rappoport (1981)
Arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, tapi juga menyangkut pranata-pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata atur kehidupan sosial dan budaya masyarkat, yang diwadahi dan sekaligus memperngaruhi arsitektur.

4.  Menurut JB. Mangunwijaya (1992)
Arsitektur sebagai vastuvidya (wastuwidya) yang berarti ilmu bangunan. Dalam pengertian wastu terhitung pula tata bumi, tata gedung, tata lalu lintas (dhara, harsya, yana).

III.      Komputer
 


Secara umum komputer adalah sekumpulan alat elektronik dimana satu dengan yang lainnya saling bekerja sama terkoordinasi dibawah kontrol program dengan kemampuan dapat menerima data atau input lalu mengolah data tersebut dengan menghasilkan informasi (output).

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli :
1.   Menurut Robert H. Blissmer
Komputer ialah suatu alat elektronik yg mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

2.  Menurut V.C. Hamacher Et Al
Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yg dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

3.  Menurut Elias M. Awad
Komputer sebuah alat hitung yg memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

4.  Menurut Donald H. Sanderes
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).


Terakhir kita akan bahas tentang inti awal materi yang akan kita bahas bersama-sama…

IV.      Organisasi & Arsitektur Komputer

Pengertian dari Arsitektur & Organisasi Komputer yaitu, Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Sedangkan Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
Arsitektur & Organisasi Komputer juga memiliki perbedaan yaitu:

·         Arsitektur Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.

·         Organisasi Komputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.

Naaaaahh, setelah kita tau beberapa ulasan tentang pengertian Organisasi? Arsitektur? Komputer? Bahkan Secara keseluruhan yaitu Organisasi & Arsitektur Komputer, sekarang kita belajar menyimpulkan pengertian-pengertian yang telah kita ulas tersebut.......

Organisasi => Sekelompok orang atau alat-alat yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan bersama.
Arsitektur => Suatu gambaran / desaign awal sebuah tahapan dalam sebuah perencanaan.
Komputer => Suatu teknologi yang berasal dari beberapa elemen dan komponen yang saling berkesinambungan dan dirancang sebagai alat yang mempermudah kinerja manusia.
Terakhir, Organisasi & Arsitektur Komputer => Suatu gabungan elemen-elemen dasar komputer berdasarkan hasil gambaran awal dalam sebuah perencanaan.


Terimakasih, Semoga Bermanfaat yaa....

 

3 komentar:

  1. aku lg nyari sumber yang jelasin pengertian organisasi arsitektur komputer

    BalasHapus
  2. Aku lagi mencari pengertian arsitektur komputer dan organisasi komputer menurut para ahli, masa tidak ada?

    BalasHapus
  3. Yg saya cari pengertian arsitektur dan organisasi komputer menurut para ahli. Masa tidak ada

    BalasHapus